Rabu, 22 Januari 2014

Mengapa Pengembangan Energi Alternatif Terkendala?

Berkenaan dengan tema Mengapa Pengembangan Energi Alternatif Terkendala?  yang terkandung dalam pesan (artikel) berjudul Desa Mandiri Energi di www.darwinsaleh.com, saya berpandangan bahwa saya setuju karena sebenarnya bila kita masyarakat Indonesia lebih gencar dalam memanfaatkan berbagai energi alternatif yang ada di sekitar kita dan menjadikan desanya menjadi desa mandiri energi, tentu akan lebih mengemat BBM lebih banyak. Pembangunan desa dan diversifikasi energi  tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, perlu dukungan dan campur tangan berbagai pihak, pemerintah pusat, daerah, dan warga sekitar.

Tahun 2007, Grobogan, Jawa Tengah, menjadi tempat peluncuran Program DME (Desa Mandiri Energi) kemudian dilanjutkan desa-desa lainnya hingga akhir 2014 nanti ditargetkan terbentuk 3.000 DME. Meskipun persentasenya sangat kecil dibanding dengan 70ribu desa yang ada di Indonesia, namun apabila target itu tercapai maka akan sangat membantu dalam penghematan BBM dan pembangunan Indonesia yang lebih merata. Jika dilihat perkembangan DME dari tahun ke tahun cukup signifikan, tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Jawa. Manfaat DME pun dirasa sangat menguntungkan bagi warga setempat. Misalnya, di desa Haur Ngombong, Sumedang, pemanfaatan kotoran sapi menjadi energi alternatif biogas sangat membantu warga setempat untuk memasak dan sebagainya. 

Sumber gambar disini

Lalu, mengapa pengembangan energi alternatif terkendala? Banyak faktor (kendala) yang mempengaruhi pengembangan energi alternatif, dalam hal ini saya rangkum dalam 4 K:
1.    Ketidaktahuan/keacuhan
Sekarang ini, masyarakat Indonesia (tidak semua) seperti terkena sindrom latah -baca: meniru-, ya liat saja, dari trend fashion sampai tayangan di TV. Saat Jepang, booming dengan gaya harajuku-nya, punk Indonesia pun bertebaran. Saat Korea, sedang heboh dengan joged Gangnam-nya, Indonesia juga ga mau kalah, ada goyang Cesar, goyang Jebret sampai goyang Bang Jali. Sayangnya, sindrom latah itu tidak berlaku di dunia pendidikan, maupun pemanfaatan energi alternatifnya. Coba saja, kalau di suruh goyang Cesar, pasti bisa! Kalau ditanya, bagaimana pemanfaatan energi alternatif di Indonesia? Pasti manyun! Manyun karena tidak tahu atau memang acuh. Ngapain mikirin energi alternatif segala, toh selama ini masih bisa beli BBM! Nah, pikiran yang seperti itulah yang menjadi kendala terbesar dalam pengembangan energi alternatif! Bagaimana bisa energi alternatif berkembang sementara pelaku SDM-nya sendiri, masih egois untuk terus memanfaatkan BBM semaksimal mungkin.

Seingat saya, sewaktu sekolah memang sudah dikenalkan, mana energi yang dapat diperbarui dan mana yang dapat diperbarui. Tetapi, untuk pemanfaatannya hanya dalam contoh, belum ada kegiatan aplikasi nyata dalam pengembangan energi alternatif. Karena itulah energi alternatif hanya tersimpan dalam memori jangka pendek yang menjadikan kita acuh terhadap sumber daya alam yang ada. Padahal, kita tidak bisa terus mengeksploitasi bahan bakar fosil yang lama-kelamaan semakin menipis. Sekolah dan perguruan tinggi menjadi sarana yang tepat untuk lebih menyadarkan generasi muda untuk lebih peduli terhadap pemanfaatan energi alternatif. Cinta lingkungan adalah salah satu nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah/PT. Dengan, mengajak siswa/mahasiswa melakukan aplikasi pemanfaatan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari, maka nilai karakter cinta lingkungan pun dapat tertanam dalam diri generasi muda.

2.    Kurangnya sosialiasi
Saat ini, hampir setiap propinsi di Indonesia telah memiliki desa mandiri energi. Namun, sejauh mana masyarakat Indonesia mengetahui keberadaan DME tersebut? Saat ini keberadaan desa mandiri energi rupanya masih sebatas untuk kepentingan warga setempat saja, belum disosialisasikan secara luas. Jika sudah disosialisasikan pun, belum ada tindak lanjut. Contohnya saya, dari ratusan desa mandiri energi yang tersebar di Indonesia, paling saya hanya bisa menyebutkan tidak lebih dari 5 DME dan yang saya ketahui hanya DME yang memanfaatkan kotoran hewan untuk biogas saja. Padahal, DME berbasis biogas ini tidak hanya dari kotoran hewan saja, tetapi dari limbah/ampas tahu, ampas kelapa dan yang lain. Ada juga desa mandiri energi mikro hidro yaitu dengan memanfaatkan beda ketinggian dan jumlah debit air per detik yang ada pada saluran irigasi, air terjun, ataupun sungai yang dibendung.

Artikel Listrik Bantar Gebang, benar-benar membuat saya heran, ternyata begitu banyak hal yang luput dari perhatian kita. Pengolahan sampah menjadi listrik, dan sisanya menjadi pupuk kompos. Seharusnya, pemerintah daerah lain mampu mencontoh untuk dikembangkan di daerahnya. Bukankah di setiap daerah -kota/desa- memiliki potensi sampah yang sangat besar? Tetapi, kenapa proyek sebagus ini tidak disosialisasikan dengan gencar? Saya rasa jika pemda setempat serius bekerjasama dengan warga untuk mengembangkan energi alternatif, maka target akhir 2014 muncul 3000 DME pun dapat terwujud bahkan terlampaui.

Sebelum saya lanjutkan, siapa yang tau ini?
Sumber gambar disini




















Atau ini ,,,

Sumber gambar disini

















Ya, semuanya tau, hafal semua personilnya dan lirik lagunya, sekarang ada yang tau ini?

Sumber gambar disini

















Yang ini, semua juga sudah tau, tetapi ada yang berbeda di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) di Bantar Gebang ini, ada listrik di TPA tersebut.

Keberadaan DME saat ini, nampaknya masih belum terlihat secara luas di tengah masyarakat. Apalagi bagi generasi muda, DME masih kalah tenar dengan Coboy Junior, Cherry Belle, JKT 48 atau Smash. Katakanlah saya yang kuper, jadi saya ketinggalan sosialisasi mengenai DME ini. Adakah yang bisa memberitahu saya bagaimana cara mengusulkan suatu desa menjadi DME? Kebetulan desa tempat nenek saya dan desa asal suami berpotensi menjadi desa mandiri energi, dengan mayoritas penduduk sebagai peternak sapi, maka kotorannya dapat dimanfaatkan sebagai biogas. Langkah apa yang harus saya lakukan untuk membantu membangun desa mandiri energi? Di daerah saya juga ada Tempat Pembuangan Sampah (TPA) yang cukup besar dan cukup jauh dari pemukiman. Langkah apa yang bisa saya lakukan untuk mengubah TPA di daerah saya menjadi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), seperti di Bantar Gebang?

Menurut saya, Kementrian ESDM perlu menyediakan website/call center khusus yang memberikan informasi dan melayani tanya jawab mengenai DME ini. Sehingga, warga, khususnya generasi muda yang berkeinginan memajukan desanya, dengan potensi SDA yang dimiliki, seperti peternakan, sungai, limbah tahu ataupun sampah dapat mengambil langkah. Warga atau generasi muda harus menyusun proposal kemudian diajukan ke pemda, atau hanya diam saja menunggu giliran dari pemerintah.  Ke depan mungkin desa mandiri energi bisa dijadikan tujuan karya wisata siswa/mahasiswa, sehingga membangun kepedulian generasi muda pada pemanfaatan energi alternatif.

3.    Kesiapan SDM
Hasil pengamatan saya, para generasi muda sekarang masih banyak yang memilih di zona aman. Lulus kuliah, cari kerja. Bukan menciptakan pekerjaan. Dapat dilihat di setiap event job fair tidak pernah sepi. Para generasi muda berbondong-bondong mengantri sambil membawa berkas lamaran. Ya, SDM kita belum siap jika harus bekerja diluar ruangan yang dingin, apalagi di desa. Orang kota tetap di kota, orang desa enggan balik ke desa. Alhasil, desa mandiri energi pun hanya mendapat sedikit perhatian dari mereka. Setelah melihat SDA yang ada di desa, pemerintah seharusnya juga melihat potensi SDM yang ada, para warga, terutama kaum muda dilatih dan diberdayakan semaksimal mungkin untuk mengembangkan DME di desanya sendiri ataupun di desa lainnya yang memiliki potensi SDA yang sama. Bila demikian, desa mandiri energi dapat menjadi peluang karir bagi generasi muda. Dengan keterampilan yang dimiliki generasi muda, apabila berhasil mengembangkan DME, maka ia akan dikirim untuk memberikan penyuluhan di desa lainnya untuk memunculkan DME yang lain.

Pemanfaatan energi alternatif dalam mewujudkan desa mandiri energi membutuhkan tekad yang besar dari semua pihak. Apalagi jika memilih nuklir sebagai energi alternatif maka ingat kembali ulasan dalam artikel Yang Masih Misteri di Nusantara, mengingatkan kita lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu negeri cincin api dimana beberapa kawasan di Indonesia sangat berpotensi terjadi gempa. Oleh karena itu, perlu studi lanjut kawasan mana yang potensi gempanya minimal. Warga sekitar juga harus sudah dibekali dengan mitigasi bencana jika suatu hal yang tidak tidak diinginkan terjadi, sehingga bisa meminimalisir korban ataupun kerugian.

4.    Ketidakpercayaan
Dikecewakan berkali-kali, nampaknya membuat masyarakat trauma dan susah mengembalikan kepercayaan. Bencana Lapindo, mungkin masih terbayang di benak kita semua. Berapa kerugian yang dialami warga setempat dari bencana Lapindo tersebut? Langkah apa saja yang sudah dilakukan pemerintah untuk mengatasi dampak dari bencana Lapindo? Apakah cukup ganti rugi yang diberikan kepada korban dari perusahaan terkait? Sebagian besar masyarakat menilai bahwa belum ada perhatian khusus dari pemerintah untuk korban. Penanganan bencana belum tuntas, namun, beritanya lambat laun menghilang seiring merebaknya berita korupsi di TV maupun koran.

Berita kebocoran nuklir di Fukushima, Jepang, 2011 lalu rupanya masih hangat di telinga kita. Maklum saja, jika rencana pembangunan PLTN di beberapa daerah masih mengalami pro dan kontra dan semakin menambah ketidakpercayaan masyarakat mengenai kesiapan dalam pengembangan energi alternatif ini. Meski saya tahu manfaat energi nuklir yang begitu besar terhadap pasokan listrik nantinya, tetapi saya tetap masuk dalam kelompok kontra. Kenapa? Ngeri rasanya, bila membayangkan jika nanti terjadi gempa dan tragedi Fukushima terjadi di Indonesia, saya ragu pemerintah kita dapat dengan cepat dan tanggap mensterilkan daerah yang teradiasi dan melakukan tindakan preventif untuk mencegah kebocoran tangki nuklir. Di Jepang saja bisa bocor apalagi di Indonesia? Ya, lagi-lagi masalah ketidakpercayaan.

Itulah ulasan saya mengenai 4 K (Ketidaktahuan/keacuhan-Kurangnya sosialisasi-Kesiapan SDM-Ketidakpercayaan) yang dapat menjawab pertanyaan Mengapa Pengembangan Energi Alternatif Terkendala?  Semoga tulisan ini dapat memberikan pengalaman bagi kita semua dan semakin menumbuhkan kepedulian kita terhadap kemajuan bangsa ini. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Sumber:

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari www.darwinsaleh.com. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.




6 komentar:

Muhammad Nur mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Muhammad Nur mengatakan...

Postingannya memperjelas akar masalah, semoga elit pemerintah dan masyarakat bisa menangkap pesan yang disampaikan. Semangat untuk perubahan!

Ditunggu juga mampir di blog saya
http://rakaraki.blogspot.com/2014/01/kompetisi-blog-kaum-muda-bicara.html

Arfilia mengatakan...

semoga apa yg kita suarakan dpt membawa perubahan

Unknown mengatakan...

salam indonesia!!

Siti Nurjanah mengatakan...

Sumber energi memang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dg memberikan alternatif terobosan yg baru dan lebih baik lagi.
keren artikelnya..informatif

Rodame mengatakan...

selalu ada hikmah di balik bencana ya, buktinya Jepang bisa bahkan sekarang jadi negara maju yang serba mandiri, kita pun bisa asalkan seluruh pihak saling mendukug satu sama lainnya :)

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;