Jumat, 20 Desember 2013

Paket Data XL: Penunjang e-Learning Guru dan Siswa

Penggunaan Facebook sebagai e-Learning (ditulisan saya sebelumnya-baca disini) tentu membutuhkan beberapa penunjang dalam pengaplikasiannya, seperti laptop atau handphone. Akses internet juga menjadi hal yang penting untuk menerapkan Facebook sebagai e-Learning. Jika e-Learning di akses di sekolah atau kampus yang menyediakan laptop dan layanan wifi saya rasa tidak masalah. Lalu bagaimana penerapan e- Learning yang katanya bisa diakses dimanapun dan kapanpun? Bagaimana penerapan e-Learning jika siswa tidak memiliki laptop dan tidak ada jaringan internet di rumah? Atau bagaimana jika siswa ingin mengakses e-Learning sewaktu berkumpul dengan temannya? Siswa tetap dapat mengakses Facebook e-Learning dengan menggunakan handphonenya. Pertanyaan berikutnya, bagaimana dengan pulsanya? Mahal gak ya?

Nah, PT. PT XL Axiata Tbk (XL) telah meluncurkan beberapa paket, prabayar maupun pascabayar, yang dapat dinikmati guru dan siswa untuk menunjang e-Learning. Dalam hal ini, saya hanya akan membahas paket data prabayar saja. Loh, kok begitu? Mohon maaf, bukannya saya ingin mendiskriminasikan antara prabayar dan pascabayar, tetapi setelah saya melihat dan mengobservasi situasi dan kondisi siswa di sekolah saya, maka paket prabayar lah yang cocok untuk mereka.

Berikut beberapa paket prabayar yang ditawarkan XL:
1.    SERBU
Paket SERBU ini banyak GRATIS nya! Bisa SMS-an sepuasnya ke semua operator, nelpon ke sesama XL sampai puas seharian, dan internetan seharian hanya dengan 1000 rupiah.
2.    AKRAB
Paket ini cocok buat yang sering nelpon dan SMS ke semua kawan atau kerabat. Tarifnya bergantung masa aktifnya dari 5000-50000.
3.    KAPAN AJA
Nama paketnya saja Kapan Aja. Jadi, Kapan Aja bisa nelpon, sms-an, dan internetan tentunya. Kalau mau nelpon, sms-an, dan internetan Kapan Aja ada 4 pilihan masa aktif dengan benefit yang berbeda dan tarifnya mulai 2500-25000.
4.    BANYAK
Paket ini cocok buat yang banyak nelpon dan SMS. Pilih banyak sms, banyak nelpon, atau banyak nelpon+sms tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Nah, dari keempat paket tersebut yang paling cocok dengan kebutuhan siswa untuk mengakses e-Learning melalui Facebook adalah paket SERBU dan paket KAPAN AJA. Murah meriah, cukup 1000 rupiah siswa bisa Facebook-an sambil belajar seharian. Pas dikantong kan?!! Masih ada paket data lain yang ditawarkan oleh PT. PT XL Axiata Tbk (XL), seperti Paket Internet dan Blackberry, selengkapnya bisa dilihat disini

Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya guru, siswa, dan media pembelajaran yang digunakan. Meskipun siswa dapat mengakses e-Learning secara mandiri, namun peran guru dalam memantau perkembangan siswa sangatlah penting. Guru harus tetap mendampingi siswa dalam penggunaan Facebook sebagai e-Learning, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran pun tercapai dan memperoleh hasil yang maksimal.

Sumber tulisan diperoleh dari http://www.xl.co.id/

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;